Kesenian Madihin tentunya sudah cukup akrab dikalangan masyarakat
suku Banjar. Tokoh seperti Jhon Tralala dan Hendra bahkan tidak hanya
di kenal sebagai pemadihin lokal tetapi juga kerap membawakan kesenian
Madihin di luar Kalsel.
Contoh dalam syair Madihin.
Kepada panganten aku bapasan
Mulai sakarang diubah kalakuan
Jangan lagi nang kaya bujangan
Kahulu kahilir pina kada mangaruan
Dahulu bagadang setiap minggu
Sudah bakaluarga jangan lagi nang kaya itu
Laki bagawi iringi do’a restu
Supaya bagawi kada taganggu
Riwayat seni mahidin
Dalam riwayat ini terdapat empat pendapat yaitu :
Pendapat pertama : seni Madihin berasal dari kampunng Tawia kecamatan angkinang, Kabupaten Hulu sungai selatan. Pemain madihin yang terkenal di kampung itu adalah dullah nyang – nyang
Pendapat kedua : seni Madihin berasal dari utara Kalimantan Selatan yaitu perbatasan dengan Malaysia (malaka)
Pendapat ketiga : Seni Madihin berasal dari kecamatan Paringin Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan selatan sebab dahulu pamandihin terkenal bernama Dullah nyang-nyang lama bermukim di parangin.
Kesimpulan : Seni madihin berasal dari banjar, berbahasa banjar yang tentu diciptakan etnik banjar. Seni Madihin sudah ada sejak tahun 1800 dan keberadaanya di pengaruhi oleh kasidah dan kebudayaan islam.
Fungsi Seni Madihin dahulu dan sekarang
a. Fungsi Madihin Dahulu :
b. Fungsi Madihin sekarang :
Kata Madihin berasal dari kata madah yang artinya adalah pujian (dalam
wikipedia disebutkan asal kata Madihin dari madah yang dalam bahasa Arab
artinya nasihat). Seni madihin merupakan salah satu bentuk sastra
tradisi ( sastra lisan ) oleh masyarakat Kal-sel dijadikan kesenian khas
daerah, yang berisi sair dan pantun yang dinyanyikan. Sarat dengan
nasehat – nasehat yang bermanfaat dan diselingi dengan humor yang segar.
Serta selalu dapat mengikuti perkembangan zaman dan situasi serta
kondisi pada saat ditampilkan termasuk selera penontonnya.
Syair Madihin merupakan jenis puisi lama dalam sastra Indonesia karena
ia menyajikan syair – syair yang berasal dari kalimat – kalimat akhir
yang bersamaan bunyi.
Madah juga di artikan sebagai kata –kata pujian, karena syair – syair madihin dan bait –bait madihin berupa pujian – pujian.
Madihin menurut artilain dalam bahasa Banjar adalah Papadahan atau
mamadahi dalam bahasa Indonesia artinya memberi Nasehat ini disebabkan
karena isi syair – syair dan pantun berupa nasehat - nasehat.
Contoh dalam syair Madihin.
Kepada panganten aku bapasan
Mulai sakarang diubah kalakuan
Jangan lagi nang kaya bujangan
Kahulu kahilir pina kada mangaruan
Dahulu bagadang setiap minggu
Sudah bakaluarga jangan lagi nang kaya itu
Laki bagawi iringi do’a restu
Supaya bagawi kada taganggu
Riwayat seni mahidin
Dalam riwayat ini terdapat empat pendapat yaitu :
Pendapat pertama : seni Madihin berasal dari kampunng Tawia kecamatan angkinang, Kabupaten Hulu sungai selatan. Pemain madihin yang terkenal di kampung itu adalah dullah nyang – nyang
Pendapat kedua : seni Madihin berasal dari utara Kalimantan Selatan yaitu perbatasan dengan Malaysia (malaka)
Pendapat ketiga : Seni Madihin berasal dari kecamatan Paringin Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan selatan sebab dahulu pamandihin terkenal bernama Dullah nyang-nyang lama bermukim di parangin.
Kesimpulan : Seni madihin berasal dari banjar, berbahasa banjar yang tentu diciptakan etnik banjar. Seni Madihin sudah ada sejak tahun 1800 dan keberadaanya di pengaruhi oleh kasidah dan kebudayaan islam.
Fungsi Seni Madihin dahulu dan sekarang
a. Fungsi Madihin Dahulu :
1. Untuk menghibur raja – raja atau pejabat. Isi syair dan pantun berisi pujian – pujian sang raja dan pejabat istana.
2. Sebagai Hiburan bagi rakyat pada waktu – waktu tertentu seperti mengisi hiburan sehabis panen, perkawinan dan sunatan.
b. Fungsi Madihin sekarang :
1. Hiburan bagi masyarakat pengisi acara tertentu seperti, perkawinan,
khitanan, peringatan hari – hari besar dan Nasional, seperti 17
agustsus, Maulid Nabi Muhammad SAW, Pendidikan, Isra Mi’raz dll.
2. sarana penyampaian pesan kepada masyarakat, seperti penyuluhan Pembangunan, kesehatan dll.
3. Sebagai alat Kontrol sosial dan penerangan.
No comments:
Post a Comment